Minggu, 22 Februari 2009

Seputar Baby Box

Kalau ibu masih mempunyai pertanyaan seputar perlu dan tidaknya perlengkapan bayi, sebaiknya ibu membaca ulasan e-kehamilan mengenai perlengkapan bayi ini. Perlengkapan bayi baru ada banyak sekali macamnya mulai dari Baby Tafel, Boks Bayi/Box Bayi, Stroller/Kereta Dorong, Keranjang Bayi dan Kantung Tidur. Semua itu sebetulnya tidak mutlak ibu persiapkan. Berbeda dengan popok bayi maupun bedong yang memang harus ibu beli dan persiapkan sejak usia kehamilan cukup bulan.

Manfaat Boks Bayi Manfaat utama boks bayi adalah menjaga bayi agar tidak jatuh dari tempat tidur. Manfaat lain yang bisa didapat dari penggunaan boks bayi adalah menjaga bayi agar tidak terhimpit orang tuanya ketika tidur dan melindungi bayi dari gigitan nyamuk karena biasanya boks bayi juga dilengkapi dengan kelambu.Kekurangan Boks Bayi Setelah bicara tentang manfaat, ternyata boks bayi juga memiliki kekurangan tersendiri. Diantaranya adalah penggunaan boks bayi secara tidak langsung akan menyulitkan ibu untuk menyusui bayi di malam hari. Ibu harus bangun dan mengambil si kecil dari boks bayi untuk kemudian disusui baik dengan cara tidur maupun di gendong.Boks bayi juga umumnya memerlukan tambahan peralatan lain seperti bumper bayi yang harganya relatif mahal. Meskipun bumper bayi ini tidak mutlak dibeli, bumper bayi dapat melindungi bayi dari tepi boks bayi apabila bayi sudah mulai belajar berguling. Biasanya penggunaan boks bayi ini pun tidak lama maksimal usia 12 bulan ketika bayi sudah mulai banyak bergerak dan berdiri.

Tips Membeli Boks Bayi Sebelum membeli boks bayi, ibu hendaknya memperhatikan tata ruang di kamar. Jangan sampai keberadaan boks bayi justru membuat ruang menjadi lebih sempit dan tidak nyaman di huni. Dalam memilih hendaknya ibu memilih boks bayi yang dapat dirubah tingkat ketinggiannya sesuai dengan usia bayi. Ini dimaksudkan agar ketika bayi sudah agak besar dan bisa berdiri, dia tidak dapat melewati tepi boks bayi yang tinggi.Satu hal penting lain ketika ingin membeli adalah pilihlah boks bayi yang mempunyai roda. Ini dimaksudkan agar ibu dengan mudah memindahkan boks bayi dari kamar ke ruang lain sehingga aktifitas ibu bisa lebih fleksibel dan ibu masih tetap bisa mengawasi bayi dengan cermat.Nah setelah ibu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari perlengkapan bayi tersebut kami harap ibu menjadi lebih bijaksana dalam mengatur kebutuhan bayi kelak. Di masa kehamilan ini ibu perlu mempersiapkan keuangan tidak hanya untuk proses melahirkan nanti namun juga untuk persiapan ketika bayi ibu telah lahir kelak seperti persiapan keuangan untuk pendidikan anak dan persiapan keuangan lain yang juga tidak kalah penting.

Tidak ada komentar: